Manfaat Daun Cincau Untuk kesehatan

tentu anda pernah mendengar bahkan kita sering mendengar nama daun cincau bukan,atau mungkin mengkonsumsinya ?karena daun cincau sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat sajian atau sebagai minuman, misalnya seperti es cincau. Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan memang lebih sering digunakan untuk membuat cincau atau seperti agar-agar yang dicampurkan ke dalam es. Ya, daun cincau ini juga bisa disajikan dalam bentuk minuman yakni es cincau yang merupakan minuman segar dan nikmat serta tak asing lagi kita jumpai, apalagi jika di minum saat cuaca panas berr mantap terasa segar di tenggorokan.

Manfaat Daun Cincau Untuk kesehatan

Manfaat Daun Cincau Untuk kesehatan

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan ternyata daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Serta dari hasil uji coba mengenai kandungan nutrisi dari daun cincau, ternyata daun cincau menghasilkan beberapa nutrisi dalam setiap 100 g Cincau yaitu Energi: 122 kkal, Protein: 6 g, Lemak 1 g, Karbohidrat 26 g, Kalsium 100 mg, Fosfor 100 mg, Zat besi 3.3 mg, Vitamin A 10.750 SI, Vitamin B1 80 mh, Vitamin C 17 mg, Serat Makanan 6.23 g.

Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Sungguh luar biasanya bukan? Mungkin inilah tanaman obat yang memiliki rasa yang lezat.

Manfaat yang Terkandung

1. Cincau sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Bahan ini sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor.

2. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat.

3. Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare.

4. Sedangkan serat bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

5. Daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot.

6. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.

7. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Potensi cincau juga diuji dengan cara dipaparkan pada empat jenis sel kanker, yaitu sel kanker darah (leukemia), kanker mulut rahim, paru, dan payudara. Ekstrak daun cincau ternyata mampu secara mengagumkan membunuh sel kanker darah (leukemia) sebesar 55-90 persen. Sementara kemampuan cincau membunuh sel kanker lain sekira 60 persen. Hal ini menunjukkan cincau hijau mengandung komponen bioaktif pembunuh sel kanker. Selain itu, ternyata cincau hijau juga mampu menyingkirkan senyawa-senyawa berbahaya pemicu kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *